Pengabdian Masyarakat di Desa Tanjung Ratu sebagai Desa Binaan BEM FMIPA Unila

Bertemakan “Meningkatkan Kesejahteraan dan Kemandirian” Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) FMIPA 2018, mengadakan pelatihan pembuatan sabun cair di Desa Binaan organisasi kampus ini, yaitu Desa Tanjung Ratu, Kecamatan Katibung Kabupaten Lampung Selatan. “Kegiatan pelatihan ini baru pertama kali nya kami adakan di desa binaan kami ini” mengawali sambutan Ketua BEM FMIPA yang diwakili oleh Wakil gubernur, Yudhi Agung.  Tambah Yudhi, “Kegiatan ini diadakan mulai tanggal 01 september sampai 14 Oktober 2018 dengan  tujuan  mengembangkan potensi SDA dan meningkatkan kualitas serta memberdayakan SDM yang ada di masyarakat. Goalnya adalah berperan aktifnya masyarakat dan kelompok masyarakat dalam pembangunan daerah, khususnya Desa Tanjung Ratu ini”.  

Dengan adanya desa binaan ini, maka memberikan peluang kepada dosen, khususnya dosen FMIPA untuk berkontribusi dan berbagi ilmu di tengah -tengah masyarakat. Dosen-dosen jurusan kimia juga mendapatkan kesempatan untuk mengadakan pengabdian di desa Tanjung Ratu ini pada tanggal 13 September 2018. Tim pengabdian Jurusan Kimia yang turun adalah Ilim, Aspita Laila, Heri Satria, Dian Herasari, Kamisah D Pandiangan, Mita Rilyanti dan Agung Abadi K. 

Masyarakat sangat antusias dan bersemangat saat mengikuti pelatihan yang dibuka oleh Ibu Ketua PKK desa Tanjung Ratu,  Nelida, mewakili ibu Kepala Desa (Bertalina) yang berhalangan hadir karena ada tugas lainnya. Dalam sambutan pada penutupan acara, Nelida sangat sekali berharap kepada masyarakat agar dapat menindaklanjuti kegiatan pembuatan sabun cair yang dipadukan dengan kegiatan desa Tanjung Ratu. “Kegiatan ini sangat bermanfaat sekali, terutama dalam hal peningkatan pendapatan masyarakat, jika dikelola dengan baik oleh Bumdes misalnya”. Akhirnya kegiatan ditutup dengan memberikan kesempatan kepada peserta untuk memperaktekan secara langsung pembuatan sabun cair cuci piring dan hasilnya mereka bawa pulang sebagai oleh-oleh pelatihan. (by: Tim Pengabdian Jurusan Kimia, Agung Abadi, Aspita Laila, Ilim, Kamisah D.P., Dian Herasari, Mita Rilyanti dan Heri Satria)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *