Berbagi Ilmu Bersama Mahasiswa KKN Kebangsaan di Desa Braja Luhur Lampung Timur

Menyelusuri jalan menuju ke Desa Braja Luhur, Kecamatan Braja Slebah Kabupaten Lampung Timur sangatlah mengasyikan. Selain pemandangannya yang masih sangat murni alam pedesaan, sepanjang jalan, rumah tertata dengan apik dan telatur. Walaupun agak sedikit rusak jalan menuju ke desa tersebut, tetapi tidak membuat saya dan Tim Pengabdian Jurusan Kimia dan Tim KKN Kebangsaaan  Periode II 2018  gentar. Malah kami bersemangat menuju ke Desa yang dijuluki dengan Desa seribu Tungku ini.

“Salah satu program kerja kami adalah pendampingan kepada masyarakat dalam hal keterampilan home industry”  kata salah satu anggota KKN K di desa Braja Luhur, Isnaini. “Keterampilan yang mereka butuhkan dan sejalan dengan ilmu saya, yaitu kimia, adalah pembuatan sabun cair, sehingga saya berinisiatif untuk mengadakan pelatihan pembuatan sabun cair ini” tambah Isnaini yang juga mahasiswa jurusan Kimia FMIPA Universitas Lampung.

Narasumber pada Pendampingan dan Pelatihan pembuatan sabun cair di desa Braja Luhur (04/08/2018) adalah  dosen dari Universitas Lampung, yaitu Agung Abadi K dan Nurhasanah dari Jurusan Kimia FMIPA  Munaris dari FKIP dan Rahmat Safe’i dari Jurusan Kehutanan.  Menurut Agung Abadi, Narasumber Senior pada Pelatihan Sabun Cair ini, mengatakan “Pengalaman menunjukkan bahwa masyarakat yang mengikuti pelatihan sabun cair selalu gembira, walaupun diadakannya pada siang hari dan ditengah-tengah kesibukan mereka” Lebih lanjut Agung mengatakan bahwa “Kegembiraan mereka karena dua hal, yaitu pertama mereka mendapatkan ilmu yang sangat sederhana tetapi mudah dilakukan dan kedua, mereka pulang dengan membawa produk hasil pelatihan mereka”. Selanjutnya, Munaris yang juga sebagai Koordinator KKN Kebangsaaan Kabupaten Lampung Timur menegaskan bahwa Program Pelatihan dan Pembuatan Sabun Cair ini sangat berguna bagi masyarakat. “Program ini sangatlah mudah dan sederhana, sehingga sangat bermanfaat bagi masyarakat”.  “Semoga kegiatan ini dapat ditindakanjuti oleh masyarakat untuk kegiatan home industry” kata Munaris menutup kegiatan Pelatihan dan Pembuatan Sabun cair di Desa Braja Luhur, Kecamatan Braja slebah Kabupaten Lampung Timur. (by Agung Abadi, Nurhasanah, Munaris dan Rahmat Safe’i).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *