Go to PIMNAS 2019

Bertajuk “Go to PIMNAS 2019” Jurusan Kimia FMIPA Unila menggelar Pelatihan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM), Rabu 03 Oktober 2018. Tahun 2018 ini, proposal yang dikumpulkan oleh mahasiswa sebanyak 31 proposal, terdiri dari 29 proposal PKM penelitian, 1 proposal PKM pengabdian dan 1 proposal PKM kewirausahaan.

“Ada perbedaan pelatihan tahun ini jika dibanding dengan tahun yang lalu” kata Ibu Mita Rilyanti selaku ketua dan koordinator kegiatan PKM Jurusan Kimia. “Perbedaan itu adalah, jika tahun lalu semua mahasiswa di undang untuk ikut pelatihan PKM, maka pada tahun ini hanya mahasiswa yang telah menyerahkan proposal PKM saja yang diundang” tambah ibu ketua menjelaskan.

Untuk meningkatkan kualitas proposal PKM, Jurusan Kimia membentuk Tim Reviewer  Proposal, sehingga diharapkan proposal yang akan diajukan benar-benar proposal yang sudah siap untuk “bertarung” di tingkat Universitas bahkan tingkat Nasional. Program PKM merupakan salah satu kegiatan bergensi di ajang Nasional, baik bagi mahasiswa, institusi dan juga bagi dosen yang mendampinginya.

Dalam sambutannya Ketua Jurusan Kimia yang diwakili oleh Sekretaris Jurusan, Mulyono menjelasakan bahwa “Sebagai salah satu bentuk Supporting  dan kepedulian Jurusan Kimia terhadap mahasiswa sekaligus meningkatkan kualitas akreditasi yang telah dicapai, maka Program Pelatihan PKM ini meruapakan salah satu kegiatan yang selalu di adakan setiap tahunnya.”

Semakin seru kegiatan Pelatihan PKM dengan hadirnya dua narasumber senior yang telah banyak “makan asam garam” dunia penelitian. Prof. Wasinton Simanjuntak dan Dr. Hardoko Insan Qudus. Tips dan pengalaman narasumber yang disampaikan dengan nada santai dan bersahabat menambah suasana pelatihan menjadi “hidup”.  Sesekali tawa mahasiswa sebagai peserta pelatihan riuh menghiasi ruangan pelatihan. 

Tidak lupa pula, untuk menambah motivasi kepada peserta pelatihan, panitia menghadirkan satu Tim Jurusan Kimia yang lolos PIMNAS 2018,  Mentari, Patry dan Irham.  Walaupun hari terasa panas saat itu, tetapi peserta enggan untuk meninggalkan arena pelatihan. Dengan serius mereka mendengarkan kalimat demi kalimat yang dikeluarkan oleh pelaku sejarah PIMNAS 2018 ini.

Please follow and like us:
0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *