Stand “Chemlight” Sabun Cuci Piring Menjadi Pavorit para Pengunjung

Bandar Lampung 11/09/2018. Kegiatan “Pameran produk sabun cair” ini merupakan rangkaian dari kegiatan Pengabdian kepada masyarakat DIPA BLU Senior dosen Jurusan Kimia FMIPA tahun 2018.¬† Mitra Pengabdian kepada masyarakat tahun ini adalah Tim PKK Desa Fajar Baru, Kecamatan Jati Agung Lampung Selatan. Pengabdian tahun 2018 ini merupakan kelanjutan dari program Pelatihan Pembuatan Produk Rumah Tangga “Sabun Cuci Piring” melalui Program Pengabdian DIPA Unila tahun 2016. “Program ini merupakan kelanjutan dari Program sebelumnya” kata ketua Tim Pengabdian, Agung Abadi Kiswandono.

Sejak dibuka beberapa saat, para pengunjung memadati stand sabun cuci piring “Chemlight”.¬† Kegiatan yang difasilitasi oleh Himpunan Mahasiswa Kimia (HIMAKI) pada acara Bazar Chemistry Expo XXII ini sempat mencuri perhatian para mahasiswa, sehingga dalam bebeapa saat saja 100 botol sabun cuci piring habis terjual. Bahkan pada penutupan Bazar, hari Sabtu 8/9/2018 ada pesanan sebanyak 70 botol, sehingga harus diproduksi kembali.

Hasil temu wicara Tim pengabdian BLU Senior Universitas Lampung, Agung Abadi Kiswandono, Nurhasanah, Ni Luh Gede Ratna Juliasih dan Pigo Nauli dengan Ibu Yana, KAUR Pemberdayaan Desa Fajar Baru, walaupun kelompok mitra tetap membuat Sabun cair cuci piring, tetapi kelompok mitra hanya membuat dan memproduksi berdasarkan pesanan dari para tetangga ataupun anggota kelompok PKK. Kelompok mitra masih belum mengetahui peluang bisnis berbasis home industry sehingga pembuatan dan pemasaran produk tidak tertata dan tidak terkelola dengan baik. Oleh karena itu diperlukan pendampingan dan penyuluhan. Semakin kompleks kebutuhan konsumen terhadap produk, maka semakin banyak jenis produk yang diperlukan untuk memenuhi segmentasi pasar sehingga tingkat persaingan di pasaran terus meningkat. Melihat potensi pasar yang ada di Desa Fajar Baru khususnya dan tetangga desa Fajar baru umumnya, kelompok mitra tersebut merupakan kelompok yang potensial untuk dikembangkan.


Please follow and like us:
0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *