Stand Pameran Sabun Cair “CHEMLIGHT” Dibanjiri Pengunjung

Bandar Lampung 05/09/2018. Baru dibuka beberapa jam, “Stand Pamaeran Sabun Cair Cuci Piring” Tim pengabdian yang di ketua oleh Agung Abadi Kiswandono ini dibanjiri oleh pengunjung. Mahasiswa-mahasiswi  sangat antusias melihat, bertanya dan bahkan membeli produk sabun cair; 100 botol habis seketika.

Mitra Tim Pengabdian Kepada Masyarakat DIPA BLU Senior tahun ini adalah kelompok PKK Desa Fajar Baru. Kelompk PKK ini tahun yang lalu sudah mengikuti program Pelatihan Pembuatan Produk Rumah Tangga “Sabun Cuci Piring” melalui Program Pengabdian DIPA Unila 2016. Kegiatan yang berjalan untuk tahun ini meningkat pada Pendampingan untuk Produksi skala menengah, izin produksi, dan Teknik Pemasaran.

Kontribusi mendasar yang diharapkan adalah meningkatkan skill dalam pembuatan produk rumah tangga (sabun cair pencuci piring) skala menengah, pendampingan izin produksi dan Teknik pemesaran. Meningkatnya keterampilan dalam hal managerial kelompok mitra, sehingga dapat memotivasi kelompok mitra tersebut untuk meningkatkan pendapatan dan peluang membuka lapangan. pekerjaan bagi masyarakat.

Desa Fajar Baru Kecamatan Tanjung Bintang memiliki misi bersama masyarakat mewujudkan Desa Fajar Baru yang sejahtera, sehat dan mandiri. Salah satu bentuk kesejahteraan dan kemandirian yang diusahakan adalah tumbuh kembangnya beberapa kelompok kegiatan usaha yang terbingkai dalam kegiatan Home Industri (industri rumah tangga). Produk kebersihan rumah tangga yakni sabun cair pencuci piring merupakan satu produk pembersih rumah tangga yang berpotensi dijadikan sebagai kegiatan Home Industri. Walaupun produk ini mudah didapat, akan tetapi, harga yang relatif mahal masih menjadi kendala bagi masyarakat kurang mampu. Kelompok mitra selama ini sudah memproduksi sabun cair cuci piring tetapi hanya terbatas untuk anggota PKK dan pesanan orang tertentu. Kurang terkelolanya pembukuan, baik hasil produksi maupun hasil penjualan disebabkan oleh keterbatasan tempat, pengetahuan produksi skala menengah, teknik pemasaran dan pembukuan yang minim serta tidak adanya izin produksi. Keinginan untuk meningkatkan produksi terhalangi oleh minimnya pengetahuan dan administrasi perizinan. Tujuan dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah pendampingan kepada kelompok mitra dalam bentuk pelatihan, workshop dan praktek serta pendampingan pengurusan izin produksi, sehingga dihasilkan produk dengan label, packaging disertai izin produksi, sehingga kelompok mitra tidak ada keraguan untuk memproduksi dalam skala menengah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *