Jurusan Kimia Berhasil Mendapatkan Serifikat ISO 9001:2008

Closing_Ses_Iso_Jur_Kimia

 

 

 

 

Bandar Lampung, 8 Juli 2014.

Sehari menjelang Pilpres 2014, Jurusan Kimia FMIPA Unila akhirnya dinyatakan lolos untuk mendapatkan Sertifikat ISO 9001:2008, dengan hasil audit tidak ditemukan adanya temuan minor sama sekali. Sertifikat ISO akan diterbitkan paling lama dalam waktu sekitar 14 hari kerja, demikian ditandaskan oleh Auditor pada acara Closing Audit.

Audit dilakukan oleh auditor dari IAPMO & RT, Jack Matatula. Proses audit dihadiri oleh hampir seluruh Dosen Aktif (16 orang) dan seluruh Karyawan, baik pada saat Opening hingga Closing, dari pukul 09.00 – 17.30. Audit dilakukan pada : area Jurusan (yang meliputi: pelayanan akademik, kepegawaian, sarana dan prasarana, dan kemahasiswaan), area laboratorium (Lab. Kimia Dasar, Lab. Kimia Analitik & Instrumentasi, Lab. Kimia Anorganik/Fisik, Lab Organik, dan Biokimia); dan area Ruang Baca Jurusan. Proses audit ini dimaksudkan bahwa prosedur mutu yang ditetapkan oleh Jurusan Kimia benar-benar diimplementasikan.

Ketua Jurusan Kimia FMIPA Unila, Dr. Eng. Suripto Dwi Yuwono, MT. menegaskan bahwa capaian ini adalah salah satu komitment Jurusan dalam meningkatkan mutu pelayanan akademik Jurusan Kimia. Meskipun selama proses penyusunan dokumen ISO, tim yang terlibat banyak tersita waktunya sehingga pelayana akademik sedikit terganggu, namun dengan komitmen dari sivitas akademika Jurusan Kimia, maka hingga proses audit untuk mendapatkan sertifikat hari ini, akhirnya dapat dicapai. Ketua Jurusan menyampaikan penghargaan kepada seluruh Tim ISO Jurusan Kimia, para Pemimpin FMIPA dan segenap Karyawan dan Mahasiswa dalam mendukung upaya pemerolehan Sertifikat ISO 9001:2008 ini.

Beliau menyampaikan bahwa pencapaian ini adalah salah satu tonggak untuk menuju pengakuan terhadap Jurusan Kimia, tahap demi tahap, pada skala nasional dan internasional. Secara bersamaan Jurusan Kimia sedang melakukan penyusunan dokumen reAkreditasi yang akan diajukan ke BAN-PT. Pada proses akreditasi oleh badan akreditasi nasional ini, diharapkan Jurusan Kimia dapat mencapai nilai sangat baik (terakreditasi A).

-@Jurusan Kimia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *