10 Peserta Melaju ke Final OSAMAKOM 2019 – Bidang Kimia

10 Peserta Melaju ke Final OSAMAKOM 2019 - Bidang Kimia

Babak Penyisihan Olimpiade Sains Matematika dan Komputer (OSAMAKOM) 2019 – Bidang Kimia, yang diikuti oleh 98 peserta (98 Peserta OSAMAKOM – Bidang Kimia Berlomba Hari Ini), menyeleksi 10 peserta untuk melaju ke Babak Final. Babak penyisihan berlangung sekitar dua jam dari mulai pukul 10.35 s.d 12.30, 17 September 2019, bertempat di Lantai 3 Gedung Dekanat FMIPA UNILA.

Seleksi dilakukan dengan sistem CBT (computer based test). Para peserta mengerjakan soal dan memilih jawaban secara online. Hasil keseluruhan nilai peserta, ditampilkan secara online pada laman web Jurusan Kimia (lihat : OSAMAKOM 2019 – Bidang Kimia).

Dr. Ilim, M.S. selaku ketua Tim Bidang Kimia menjelaskan bahwa Panitia OSAMAKOM (yang diketuai oleh Dr. Suripto Dwi Yuwono, M.T. dan tim) telah menyepakati bahwa penetapan 10 orang finalis adalah : 5 orang dari rangking terbaik dan 5 orang yang mewakili utusan dari kabupaten/kota. Penetapan ini dikarenakan, juara OSAMAKOM akan memperoleh kesempatan untuk masuk UNILA, khususnya ke Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam melalui jalur prestasi (tanpa test).

Para finalis dari Bidang Kimia tersebut, yang menempati rangking 1 – 5 adalah : Dandi Agung Prasetyo dari SMAN 1 Pringsewu, Akbar Satrio Perdana (SMAN 1 METRO), Fathurrahman (SMAN 5 Bandar Lampung), Arkan Faruqi Narawangsa (SMA Al-Kautsar), dan Dery Tegar Alfaras (Sman 2 Bandar Lampung). Sedangkan 5 finalis yang mewakili kabupaten/kota adalah : Karina Himalaya dari SMAN 1 Kalianda – Lampung Selatan), Rizky Dwi Saputra (SMAN 1 Padang Cermin – Pesawaran), Salma Manda Putri Nabilah (MAN IC Lampung Timur), Zulfia Aulia (SMAN 1 Kalirejo – Lampung Tengah), dan Yera Wulanita dari SMAN 1 Sukau Lampung Barat).

Para finalis mengikuti seleksi untuk penetuan juara 1 – 3, dengan mengerjakan soal essay, presentasi, dan tanya jawab (mempertahankan argumen) di hadapan para juri. Seleksi dilakukan di Ruang Sidang – Gedung Dekanat Lantai 2. Seleksi ini berakhir pada sekitar pukul 16 sore.

Foto-Foto Babak Penyisihan

98 Peserta OSAMAKOM – Bidang Kimia berlomba hari ini

98 Peserta OSAMAKOM - Bidang Kimia Berlomba Hari Ini

Pagi ini, FMIPA Unila menggelar Olimpiade Sains Matematika dan Komputer Tahun 2019. Kegiatan ini merupakan kegiatan yang dilakukan rutin setiap menjelang Dies Natalis Universitas Lampung (lengkap informasi seluruh kegiatan, lihat pada OSAMAKOM 2019 – FMIPA Unila).

Pada Bidang Kimia, sampai ditutup pada pertengahan hari Senin 16 September 2019 pukul 12.00, tercatat 98 calon peserta mendaftar. Para pserta tersebut berasal dari Kabupaten/Kota se-Propinsi Lampung. Kurang lebih ada 43 SMA/SMK yang mengutus pesertanya untuk berlomba pada hari ini. Ketua Jurusan Kimia FMIPA UNILA, Dr. Eng. Suripto Dwi Yuwono MT, dan Koordinator Bidang Kimia Dr. Ilim, M.S., mengucapkan selamat datang kepada seluruh peserta.

Pada tahun ini, sebagai Tim Seleksi OSAMAKOM 2019 – Bidang Kimia diketuai oleh Dr. Ilim, M.S. Anggota Tim meliputi Dr. Hardokoo Insan Qudus, M.S., Dr. Kamisah D Pandiangan, M.Si., Dr. Yuli Ambarwati, Dr. Nurhasahan, M.Si.,  Syaiful Bahri, M.Si., dan Hapin Afriyani, M.Si.

Khusus untuk pelaksanaan lomba OSAMAKOM – Bidang Kimia, Technical Meeting dan nilai seluruh peserta, ditampilkan secara online pada laman : http://kimia.fmipa.unila.ac.id/?page_id=1018. Penayangan skor nilai tersebut dimaksudkan sebagai bentuk transparansi publik untuk kegiatan di Bidang Kimia pada OSAMAKOM ke-2 ini, demikian disampaikan oleh Sekretaris Jurusan Kimia, Mulyono, Ph.D.

Panitia kegiatan berharap seluruh peserta dapat mengikuti lomba dan memperoleh hasil terbaik.