Mahasiswa Baru Program Sarjana Kimia – Angkatan 2019

MAHASISWA BARU PROGRAM SARJANA - ANGKATAN 2019

Diantara 6.000an mahasiswa baru UNILA  .. ada 138 Mahasiswa Baru Angkatan 2019 Prodi s1 Kimia …

Welcome …..!

Kegiatan di Jurusan Kimia

Mahasiswa Baru Angkatan 2019 Program Sarjana Kimia – Jurusan Kimia FMIPA UNILA, sebanyak 117 mahasiwa yang berasal dari berbagai propinsi. Ada 1 orang mahasiswa asal Kalimantan Timur, 17 mahasiswa asal Banten, 9 orang asal Jawa Barat, 4 orang asal DKI Jakarta, 1 orang asal Sumatera Barat, 5 orang asal Sumatera Selatan, 1 orang asal Sumatere Utara dan lainnya dari Provinsi Lampung.

Para mahasiswa baru sejak 15 Agustus 2019 menjalani Program PKKMB di tingkat fakultas dan jurusan. Pada hari pertama, kegiatan dipusatkan di level FMIPA, selama satu hari penuh.

Pagi 16 Agustus 2019, seluruh mahasiswa, hingga sore hari diterima oleh HIMAKI dan Jurusan. Para mahasiswa mendapatkan beberapa arahan materi seperti “Kiat Sukes Belajar di Perguruan Tinggi” dari Dr. Eng. Heri Satria, M.Si. dan Ketua Jurusan Kimia Dr. Eng. Suripto Dwi Yuwono, M.T. Pemateri juga memperkenalkan bahwa di Prodi S1 Kimia FMIPA Unila, memiliki 5 bidang keahlian (peer group), yaitu : Kimia Analitik, Kimia Organik, Kimia Anorganik, Kimia Fisik dan Biokimia.

Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan perkenalan ke dosen-dosen Jurusan Kimia. Turut hadir dalam kegiatan tersebut sebanyak 20 orang dosen, dari total 32 dosen Jurusan Kimia. Mereka yang hadir adalah : Prof. Dr. Wasinton Simanjuntak, M.Sc., Prof. Dr. Sutopo Hadi, M.Sc., Prof. Dr. Buhani, Dr. Hardoko Insan Qudus, M.S., Dr. Zipora Sembiring, M.S., Dra. Aspita Laila, M.S., Dr. Dian Herasari, M.Si., Dr. Mita Rilyanti, M.Si., Noviany, Ph.D., Dr. Kamisah D Pandiangan, M.Si.,  Dr. Ni Luh Gede Ratna Juliasih, M.Si., Dr. Nurhasanah, M.Si., Dr. Yuli Ambarwati, M.Si., Syaiful Bahri, M.Si., Hapin Afriyani, M.Si., dan Devi Nur Annisa, M.Si. 

Lebih lanjut, para mahasiswa baru memperoleh penjelasan tentang Sistem Bimbingan Akademik, Kurikulum, dan Peraturan Akademik. Ketua Jurusan Kimia dan Sekretaris Jurusan Kimia (Mulyono, Ph.D), secara bergantian menyampaikan materi-materi tersebut. Kegiatan ini berlangsung hingga sore hari pukul 16.00.

Pada Senin 19 Agustus 2019 mendatang, Perkuliahan Semester Ganjil TA 2019/2020 akan segera dimulai. Program PKKMB ini diharapkan dapat diikuti dan difahami oleh para mahasiswa baru, sehingga mereka memiliki kesiapan dalam memulai perkuliahan di awal semester .

@MAH  

Mahasiswa Baru Prodi Magister Kimia 2019

12 Mahasiswa Baru Magister Kimia Angkatan 2019

Pada pukul 10.00 pagi 14 Agustus 2019, bertempat di Ruang Kuliah Lantai 2 Biokimia – Jurusan Kimia FMIPA Unila, sebanyak 12 orang mahasiswa baru Prodi Magister Kimia bersama dosen-dosen Jurusan Kimia, bertatap muka dan bersosialisasi.

Hadir dalam pertemuan tersebut perwakilan dari 5 peer group di Jurusan Kimia. Kaprodi Magister Kimia, Prof. Dr. Rudy TM Situmeang, M.Sc., memperkenalkan Prodi dan Jurusan, yang kemudian dilanjutkan dengan diskusi dan perkenalan antara dosen dan mahasiwa.

Para mahasiswa baru tersebut (berdasarkan peer group peminatan) adalah : 

  1. Kimia fisik : Mahliani Erianti, Herliana, Rizky, Lutfi Afriani, dan Arik Irawan;
  2. Kimia Anorganik : Pina B. Pratiwi, Desria Monica;
  3. Kimia Analitik: Agus Apriyanto;
  4. BioKimia : Denis Prasetia;
  5. Kimia Organik : Arif (blm hadir), Tya Gita Putri Utami dan 1 mahasiswi yang belum hadir : Ajeng (alumni UNS)

Total 12 mhs/i Angkatan 2019 telah bersiap mengikuti perkuliahan Semester Ganjil TA 2019/2020 yang akan segera dimulai pada 19 Agustus 2019 mendatang.

Kunjungan Industri Mahasiswa S1 Kimia

Kunjungan Industri Mahasiswa S1-Kimia, 24 - 27 Juni 2019

Dalam upaya untuk lebih memahami dan memperkaya wawasan penerapan ilmu kimia dalam dunia Industri, mahasiswa Program Sarjana Kimia, dengan dikoordinir secara resmi oleh Himpunan Mahasiswa Kimia (Himaki) Universitas Lampung melaksanakan kegiatan Kunjungan Industri pada tanggal 24-27 Juni 2019.

Rombongan dilepas oleh Wakil Dekan III FMIPA Unila Bapak Drs. Amir Supriyanto, M.Si., di pelataran parkir FMIPA pada pagi 24 Juni 2019. Kegiatan ini diikuti oleh 95 peserta yang terdiri dari 63 peserta angkatan 2018 dan 32 peserta angkatan 2017 didampingi seorang dosen pembina. 

Industri yang dikunjungi yakni PT. Asia Health Energi Beverages (Kratingdaeng), PT. Yakult Indonesia Persada, dan PT. Amerta Indah Otsuka (Pocari Sweat). Selama kunjungan ini banyak pengetahuan aplikatif yang diperoleh, salah satunya mengenai pengolahan limbah di perusahaan itu sendiri.

PT. Asia Health Energi Beverages salah satunya, mengolah limbah cair menjadi air yang jernih dan dapat digunakan dalam proses produksi serta dapat dialirkan ke sungai secara aman. Limbah padatnya dibuat sebagai pupuk tanaman setelah diolah sedemikian rupa. Berdasarkan penjelasan salah satu tour guide perusahaan, prinsip dari perusahaan “dari alam dan akan dikembalikan ke alam”, menjadi fokus utama sebagai eco environmental friendly company.

Dalam rangkaian kegiatan tersebut, Industri pertama yang dikunjungi adalah PT. Asia Health Energi Beverages (Kratingdaeng) pada tanggal 25 Juni 2019. Pada kunjungan tersebut, rombongan disambut oleh Bapak Johan Adi Pratama selaku kepala bagian marketing sekaligus sebagai public relation wisata industri. Kegiatan selama berkunjung ke perusahaan ini yaitu pengenalan perusahaan, tour lab, melihat proses pembuatan minuman Kratingdaeng, tanya jawab sekaligus games, makan siang bersama serta penyerahan cinderamata oleh Bapak Sutarno sebagai Deputy Factory Manager General selaku perwakilan PT. Asia Health Energi Beverages (Kratingdaeng)  kepada Muhammad Rezal Fahlefi selaku perwakilan Himaki FMIPA Unila. Rombongan  Himaki pun sebaliknya menyerahkan cinderamata ke pihak PT. Asia Health Energi Beverages. Selepas kegiatan kunjungan industri kemudian perjalanan dilanjutkan dengan rekreasi ke Devoyage Bogor.

Pada hari kedua, 26 juni 2019, industri kedua yang dikunjungi selanjutnya yakni PT. Yakult Indonesia Persada. Rombongan diterima oleh Bapak Gusti dan Ibu Maya selaku perwakilan humas PT. Yakult Indonesia Persada. Kegiatan yang dilakukan meliputi tour lab, melihat proses produksi minuman yakult dan pengemasannya serta tanya jawab seputar perusahaan. Kunjungan diakhiri dengan saling menyerahkan cinderamata. Bapak Gusti mewakili PT. Yakult Indonesia Persada, sedangkan Himaki diwakili oleh Bapak Syaiful Bahri M.Si  selaku Dosen Pembina Himaki FMIPA Unila.

Kunjungan ketiga adalah ke PT. Amerta Indah Otsuka (Pocari Sweat). Pada kunjungan ini rombongan diterima oleh Ibu Lia dan team. Kegiatan di Pocari Sweat ini meliputi penayangan terkait sejarah dari perusahaan dan proses pembuatan minuman itu sendiri. Minuman ini pertama kali diproduksi di Jepang, dengan fungsi sebagai minuman pen-supply ion bagi tubuh. Selama kegiatan juga diberikan kuis seputar produk dan kandungan kimia dalam minuman tersebut. Pada akhir kegiatan, ditutup dengan dilanjutkan penyerahan cinderamata dari kedua belah pihak .